Kamis, 23 April 2015

Homemade Dough

Dough yang udah siap dipakai untuk bermain

Hai Sahabat Kreatif,
Sudah pernah dengar tentang Dough kan ya? Hehe... Iya, yang kalo dalam bahasa Indonesia (atau mungkin cuma di daerah saya yak? Hihihi) disebut sebagai malam. Atau di beberpa daerah lain (kayanya sih) ada yang menyebut sebagai lilin, dan atau lilin malam.
Dough sendiri berarti adonan, karena memang permainan dough ini menggunakan adonan berwarna-warni yang bentuknya liat dan agak lengket-lengket gitu.
Asik sekali lho main dough ini, karena bisa dibuat bentuk macam-macam dengan warna yang bisa disesuaikan pula, tentu saja tergantung dari macam warna dough yang dimiliki yaaa.
Sayangnya nih ya, dough ini seringkali terbuat dari bahan-bahann yang kita sendiri kurang yakin dengan keamanannya. Khususnya bagi para bunda kreatif yang masih punya balita. Karena mereka terkadang suka memasukkan segala sesuatu ke mulut, tak terkecuali dough ini. Maka dari itu, nggak ada salahnya kalo para bunda kreatif mencoba untuk membuatkan dough sendiri untuk putra-putrinya. Kenapa? Karena selain pilihan bahan-bahannya yang terjamin keamanannya, juga bisa membuat anak-anak menjadi bangga karena bermain dengan dough hasil buatan bundanya. Dan, ssstt, ngirit juga pastinya. Hahahaha...
Oia, yang belum jadi bunda atau belum punya putra/putri, teteup bisa dong yaaa bikin dough ini. Mungkin untuk ponakan, sepupu, adik, tetangga atau untuk iseng main sendiri. Hihihi...

Duh, prolognya kepanjangan yaaa.
Yuk lah, mari kita langsung saja simak cara bikin Homemade Dough ini.

Bahan:
  • 4 pewarna makanan
  • 4 cup tepung terigu
  • 1 1/2 cup garam halus
  • 1  cup air hangat
  • 2 sdt minyak sayur
  • Terigu untuk menguleni adonan 
Alat:
  • Mangkuk plastik
  • Cup (bisa menggunakan cup/gelas kecil utk bikin puding)
  • Sendok
Cara bikinnya:

1. Campurkan terigu dan garam dalam satu wadah. Aduk rata kemudian sisihkan.
2. Bagi 1  cup air tadi ke 4 mangkuk yang sudah disiapkan.
3. Berikan pewarna makanan secukupnya, jika cair masukkan sekitar 5 tetes, jika berbentuk gel cukup sekitar 3 tetes. Campur rata dengan air.
4. Masukkan 1/2 sdt minyak ke masing-masing mangkuk. Aduk rata.
5. Tuangkan 1 cup campuran terigu-garam untuk satu mangkuk isi air berwarna. Gunakan sendok untuk mengadok adonan hingga rata.
6. Tabur sedikit terigu, keluarkan adonan dari mangkuk, uleni di atas taburan terigu hingga adonan kalis, tidak ada lagi adonan yang menempel di tangan. Tidak usah takut menambah terigu sedikit demi sedikit saat menguleni adonan. Simpan di wadah kedap udara atau plastik dengan zip lock, dan masukkan di lemari pendingin selama 30 menit hingga 1 jam untuk membuat adonan tahan lama.

Siap masuk ke freezer duluuu :)
Setelah bermain, simpan kembali di wadah kedap udara agar adonan tidak keras dan mengering.

Nah, ini hasil kreasi Si Kakak dengan memanfaatkan cetakan es krim pura-pura
yang didapet dari dough made in pabrik

Nah, gimana sahabat kreatif? Mudah dan murah meriah kan cara membuat homemade dough ini. Dan GPL alias Gak Pake Lama. Aman pulaaa.

Semoga bermanfaat untuk sahabat kreatif semua yaaa.

Yuk praktekin yuuukk ;)


Notes:
- Gambar dough di postingan ini adalah hasil praktek saya. Untuk melihat gambar yang lebih lengkap dan jelas, bisa langsung intip ke sumbernya disini yaaa
- Sekalian mampir ngintip kesini yuuukk

1 komentar: